SMK Negeri 3 Surakarta menggelar Workshop Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk Mendukung Praktik Kerja Lapangan (PKL) TP. 2018/2019.


IMG-20190209-WA0021

Workshop ini dibuka oleh Bpk. Drs. Susanta, M.M. selaku perwakilan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII dan Kepala Sekolah Bpk. Drs. Suyono, M.Si.

Materi Kebijakan Umum Dinas PDK Jateng yang disampaikan oleh Pengawas SMK dalam pengantarnya, mengungkapkan, pelatihan ini diadakan dalam upaya implementasi pembelajaran jarak jauh menghadapi praktik kerja lapangan yang akan dilakukan selama 6 bulan.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para peserta dapat membuat learning managemen sistem berupa pembelajaran secara online.”

1549684817310

Kemudian Materi Inti yang disampaikan oleh Bpk. Herry Nartono, S.Kom. dan Tim dari HYZ Software Development.
Acara workshop terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama pengenalan aplikasi learning managemen sistem, pembuatan akun, dan pembuatan materi.

1549713432810

Sesi kedua para peserta workshop diajak langsung untuk praktik aplikasi dengan membuat akun, menyusun materi, latihan soal, ulangan harian, dan proses mengunduh nilai.

Rudi Sulistyawan, S.Sn. salah satu peserta menyambut antusias kegiatan ini.

“Pelatihan berguna buat saya karena mengingat waktu praktik kerja lapangan yang selama 6 bulan kalau tidak ada materi atau soal-soal anak-anak akan lupa dengan pelajarannya”.

Banyak sekali kelebihan e-learning / aplikasi ini, salah satunya mempermudah guru dalam menyampaikan materi secara online dan praktis, teruntuk siswa dan siswi Kelas XI SMK Negeri 3 Surakarta yang saat ini melaksanakan Praktik Kerja Lapangan.
Bahkan dengan E-LEARNING ini siswa dapat mengerjakan soal-soal/ ulangan secara online dan akan langsung dapat mengetahui hasilnya.

Workshop kali ini di laksanakan selama 2 hari dengan pembagian hari pertama untuk 32 peserta yang terdiri dari Wakil kepala Sekolah, Perwakilan MGMP setiap Mapel yang sudah dilaksanakan hari ini.
Pemantapan Training of Trainer (ToT) akan dilaksanakan pd tgl 23/02/2019 sekaligus evaluasi. Pada akhirnya akan melibatkan semua guru mapel SMK Negeri 3 Surakarta pada bulan Juni mendatang (pengimbasan MGMP).

Antusias peserta workshop sangat bagus, dan aktif. Ternyata dengan E-LEARNING ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Dan dapat mengikuti trend zaman yang serba teknologi informasi.

Dwi Wahyuni, S.Pd. selaku WKS-4 sbg pengampu Kegiatan PKL berharap kegiatan tidak hanya berhenti pada Workshop tetapi bisa langsung diaplikasikan pada siswa yang masih melaksanakan PKL kurang lebih 7 minggu lagi.

Sementara Hartono, S.Si. selaku Koordinator Kegiatan berharap target-target dalam penugasan OJT Workshop segera dapat diselesaikan dan salah satu dampaknya (melalui verifikasi dahulu) menghasilkan sertifikat Diklat / Pengembangan Diri Guru setara 32 jam.

Adapun cara untuk mengakses E-LEARNING sangat mudah dengan 2 cara:
– Kunjungi website Resmi SMK Negeri 3 Surakarta (http://www.smkn3ska.sch.id/) dan klik menu E-LEARNING di bagian atas, atau
– langsung menuju website (http://www.smkn3ska.web.id/).
(AddNine)

5 thoughts on “SMK Negeri 3 Surakarta menggelar Workshop Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk Mendukung Praktik Kerja Lapangan (PKL) TP. 2018/2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *