Workshop Media Virtual Reality: Pembuatan Produk Metaverse

Surakarta (30/10) SMK Negeri 3 Surakarta sebagai SMK Pusat Keunggulan dan Skema Pemadanan Dukungan 2022 telah mengadakan program Workshop Media Virtual Reality: Pembuatan Produk Metaverse. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari, 26 s.d. 28 Oktober 2022, pukul 13.00-15.00 WIB di Ruang Sidang SMK Negeri 3 Surakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Universitas Pekalongan sebagai Perguruan Tinggi pendamping SMK Negeri 3 Surakarta, Kepala SMK Negeri 3 Surakarta, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Produktif Busana dan DKV, Guru Bahasa Inggris dan Indonesia SMK Negri 3 Surakarta melalui zoom meeting.
Narasumber kegiatan ini adalah Bapak Dalismana, S.Pd. selaku Waka Kurikulum SMK Negeri 9 Bandung, Jawa Barat. Selain itu, Tim siswa SMKN 9 Bandung ikut membersamai peserta dalam materi terkait metaverse literasi sampai tutorial pembuatan produk metaverse. Kegiatan di awali dengan pembacaan doa dan pembukaan secara resmi di wakili oleh Bapak Sindi Triguna, S.Kom selaku Waka Kurikulum SMK Negeri 3 Surakarta. “Kegiatan ini akan mendorong para guru untuk lebih kreatif dalam pembuatan video pembelajaran yang menarik, semoga hasil dari workshop ini dapat kami terapkan dalam pembelajaran karena saat ini lebih mengutamakan pembelajaran berbasis teknologi,” ujar Pak Sindi
Selanjutnya, tim menayangkan sebuah video metaverse karya tim siswa SMK Negeri 9 Bandung. Mereka menjelaskan materi metaverse dan demo penggunaan aplikasi secara langsung. “Semua orang dapat membuat program metaverse sendiri walaupun tidak memiliki basic di bidang IT.”ujar Pak Dalismana.
Beliau memaparkan bahwa metaverse adalah membuat dunia tiruan atau dunia maya dari dunia real atau nyata. Dengan keberadaan metaverse ini membuat dunia bisnis lebih cepat berkembang. Jadi kita bisa visit ke suatu tempat namun kita tidak perlu hadir atau visit secara real. Metaverse sendiri merupakan kombinasi dari beberapa elemen teknologi, termasuk virtual reality, augmented reality dan video membuat pengguna “hidup” dalam dunia digital. Metaverse sendiri mudah diakses dimanapun dan kapan pun.
Metaverse ini sangat mudah dan memiliki peluang bagi siswa dan guru jika sudah dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran. Tim siswa SMK Negeri 9 Bandung adalah siswa kelas XII DKV SMKN 9 Bandung. Tim ini sangat mahir dan sabar membersamai peserta SMKN 3 Surakarta. Dalam pelatihan tersebut peserta diajak melihat dunia metaverse, melalui laptop peserta. Namun, sebelumnya peserta membuat username dulu baru bisa melihat dunia 3D yang ada. Peserta pun dapat mencoba menjalankan contoh 3D tersebut, jadi peserta seolah-olah berada dalam dunia 3D tersebut meski hanya di depan laptop.
“Semoga kegiatan ini membuat SMK N 3 Surakarta bisa membuat miniatur sekolah dalam bentuk 3D, sehingga orang luar bisa melihat program SMK N 3 Surakarta melalui 3D tersebut tanpa harus hadir langsung ke SMK N 3 Surakarta.” tambah Ibu Dra. Hendrina Widiastuty, M.Pd., Kepala SMK Negeri 3 Surakarta menyapa dan mengucapkan terima kasih kepada tim kreatif SMK Negeri 9 Bandung yang telah berbagi ilmu metaverse.

Penulis : AW
Dokumentasi : Alin

1 thought on “Workshop Media Virtual Reality: Pembuatan Produk Metaverse”

Leave a Comment

Your email address will not be published.